Isi Blog ini

terdiri dari banyak tulisan; antara tulisan 'ilmiah', artikel buletin, opini, puisi, komentar film (biasa diberikan kode "RF"), lirik lagu, beberapa kutipan, atau apapun saja yang dinilai baik untuk dibagikan sebagai pengalaman bersama..

Selamat menikmati.

Tamu

Rekanan Situs

Rekanan Situs
Klik Gambar di Atas untuk berkunjung ke Pasar Grosir Tas; Drawstring, Tote, Sling, etc. Tas kanvas, tas blacu, tas furing, dll.
Ayiko Musashi. Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungi Juga

Kunjungi Juga

Welcome to

Welcome to

Terjemah

Artikel Pop

Menuju Ke

Kamis, 31 Mei 2012

RF: Buddha Collapsed Shame




“Bahtai, die… to set you free…”

Begitu teriak Abbas kepada Bahtai yang sedang dikepung. Tidak hanya dikepung oleh sekumpulan anak laki-laki yang maniak bermain perang-perangan. Bahtai juga dikepung oleh matinya tujuan dan pendidikan yang sejati. Dikepung oleh keterpencilan. Dikepung oleh ketidakmengertian situasi. Dikepung oleh suasana berpikir yang kering, acuh, kasar, dan tak peduli.

Bahtai ingin sekolah. Ia berharap, di sekolah ia akan mendapatkan cerita-cerita yang lucu, seperti saat Abbas membacakan untuknya. Ia berjalan. Berjuang untuk angannya yang menyenangkan soal sekolah. Tapi dunia adalah dunia. Dunia bukanlah sepenuhnya dalam bayang dan kuasa manusia untuk merekanya. Satu demi satu, Bahtai kecil yang lugu ini bertemu dengan kebalikan dari yang semula diangankannya. Ia bertemu anak-anak yang beraksi bak Taliban atau Amerika. Ia berjumpa dengan orang-orang dewasa yang hanya peduli soal kebutuhan sendiri. Ia menemukan sekolah yang isi kelasnya adalah guru tape-recorder, murid-murid yang lesu, tak berbinar matanya, dan ngantuk.

Bahtai, o Bahtai. Buku tulismu masih kosong belum kau tulisi. Tapi dunia seakan bernafsu merenggutnya darimu. Mereka menyobeknya untuk dimain-mainkan. Kau tak mengerti semuanya. Sampai kemudian bukumu hilang dalam timbunan.

“Bahtai……..,
die…
to set you free….”


That’s the message, I think.





Ayiko Musashi,
15 Maret 2012


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Text Widget

Text Widget