Isi Blog ini

terdiri dari banyak tulisan; antara tulisan 'ilmiah', artikel buletin, opini, puisi, komentar film (biasa diberikan kode "RF"), lirik lagu, beberapa kutipan, atau apapun saja yang dinilai baik untuk dibagikan sebagai pengalaman bersama..

Selamat menikmati.

Tamu

Rekanan Situs

Rekanan Situs
Klik Gambar di Atas untuk berkunjung ke Pasar Grosir Tas; Drawstring, Tote, Sling, etc. Tas kanvas, tas blacu, tas furing, dll.
Ayiko Musashi. Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungi Juga

Kunjungi Juga

Welcome to

Welcome to

Terjemah

Artikel Pop

Menuju Ke

Kamis, 31 Mei 2012

RF: The Departed.






Kisah pahit menjadi mata-mata. Tidak mudah menjadi mata-mata, karena harus hidup mendua. Bersikap, berpikir, berlaku, dan memihak mendua, yang kesemuanya harus tampak sangat meyakinkan. Yang seakan-akan lakon yang harus diperankan sesempurna mungkin. Karena jika tak sempurna, diketahui sebagai mata-mata, maka usailah sudah riwayatnya.

Ada mata-mata di tubuh intelejen Negara yang disusupkan oleh mafia tertentu. Dan ada mata-mata di tubuh mafia yang disusupkan oleh badan intelejen. Tampaknya keduanya sama-sama mata-mata. Tapi ternyata beda. Yang penjahat berpura-pura menjadi polisi atau intelejen lebih mudah daripada polisi, orang yang baik-baik, menyamar menjadi orang jahat (sebagai mata-mata mafia). Inilah yang dialami kedua mata-mata di film The Departed.

Jangan bercita-cita menjadi mata-mata, karena hidupnya harus berada di kegelapan baying-bayang. Tidak pernah tenang. Tidak bisa terang-terangan menyatakan identitas sesungguhnya. Bagaimanapun juga, berbohong adalah mekanisme yang paling berguna untuk tetap survive.

Then, what’s next after the spy?!

Apa masa depan menjadi mata-mata? Apa enaknya? Kenapa seseorang mau menjalani tugas sebagai mata-mata? Padahal resikonya adalah mati dengan tidak tenang. Inilah penuturan kisah duka para mata-mata. Mereka yang direduksi hidupnya menjadi alat dan mesin yang harus mengiliminir emosi mereka sendiri. Berada di antara dua batas identitas berbeda.


Ayiko Musashi,
8 Mei 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Text Widget

Text Widget