Isi Blog ini

terdiri dari banyak tulisan; antara tulisan 'ilmiah', artikel buletin, opini, puisi, komentar film (biasa diberikan kode "RF"), lirik lagu, beberapa kutipan, atau apapun saja yang dinilai baik untuk dibagikan sebagai pengalaman bersama..

Selamat menikmati.

Tamu

Rekanan Situs

Rekanan Situs
Klik Gambar di Atas untuk berkunjung ke Pasar Grosir Tas; Drawstring, Tote, Sling, etc. Tas kanvas, tas blacu, tas furing, dll.
Ayiko Musashi. Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungi Juga

Kunjungi Juga

Welcome to

Welcome to

Terjemah

Artikel Pop

Menuju Ke

Kamis, 26 April 2012

RF: City of God


City Of God. Ini film bagus banget. Baru dapat 1 cd aku menyempatkan kirim sms ke teman: “Siang, fella! Film City Of God itu kerenfilm gila! Aku suka deskripsi psikososial kriminalitas disana. Narasinya santai, jadi ceritanya ndak kedengaran mengada-ada”. Memang benar. Film ini berdasar cerita nyata. Tentang daerah di Brazil yang bernama Rio de Janiro.

Nah, hamper setiap orang di sana terlibat dalam baku tembak antar geng dengan motif yang kompleks. Mulai dari bisnis narkoba, dendam pribadi, atau asal ikut terlibat. Detail ceritanya tidak akan kuceritakan lagi disini. Hanya ada beberapa hal yang ingin kugaris bawahi setelah menonton film tadi.

Pertama, setiap sesuatu yang dimulai dengan kekerasan tidak akan pernah berhenti kecuali dengan kekerasa, dan kekerasan yang lain akan mengambil alih. Jadi, seoalah kekerasaan adalah sebuah roh atau jiwa yang bisa merasuk ke satu orang dan berpindah ke yang lain. Dengan begitu, kekerasan menjadi semcam mahluk yang abadi yang ia menubuh di dalam jiwa manusia, dan ketika yang dirasuki mati kekerasan tidak ikut mati melainkan menclok ke jiwa manusia yang lain. Begitu dan begitu seterusnya. Kekerasan tidak mati-mati. Lahirlah lingkaran setan kekerasan. Persis seperti pesan dalam film Munich.

Kedua adalah penggalan sebuah dialog antara seorang kakak dan adik ini.
+ : “Engkau belajarlah yang rajin. Aku menjadi penjahat karena aku bodoh
-          : “Aku ke sekolah karena aku tidak menyukai pkerjaan fisik

Itu dulu dariku.

041109
Ayiko Musashi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Text Widget

Text Widget