Isi Blog ini

terdiri dari banyak tulisan; antara tulisan 'ilmiah', artikel buletin, opini, puisi, komentar film (biasa diberikan kode "RF"), lirik lagu, beberapa kutipan, atau apapun saja yang dinilai baik untuk dibagikan sebagai pengalaman bersama..

Selamat menikmati.

Tamu

Rekanan Situs

Rekanan Situs
Klik Gambar di Atas untuk berkunjung ke Pasar Grosir Tas; Drawstring, Tote, Sling, etc. Tas kanvas, tas blacu, tas furing, dll.
Ayiko Musashi. Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungi Juga

Kunjungi Juga

Welcome to

Welcome to

Terjemah

Artikel Pop

Menuju Ke

Kamis, 26 April 2012

RF: Modigliani The Winner


Modigliani The Winner. Seniman itu inspire us tapi bebrapa keputusan mereka sangat membuatku geregetan. Amadeo Modigliani, pelukis hebat rival Pablo Picasso. Mereka adalah kontras bagi satu sama lain. Yang pertama miskin, hidup tak teratur, menderita sakit TBC, dan seorang yahudi dengan masa lalu yang tidak menyenangkan, dan yang kedua adalah kaya, rapi, dan mapan.

Ya. Seniman itu juga bikin aku geregetan. Modigliani selalu menikmati kediriannya, meski aku tahu ia bukan seperti Michell Basquiat. Modi itu seorang pendiam. Ia mencintai Jeanne sepenuh hati, tapi ia tak begitu memperhatikan dirinya sendiri hingga Jeanne sedih melihat Modi.

Seharusnya Modi tahu betapa Jeanne mencintai Modi, dan semestinya Modi tahu betapa Jeanne rela dan sanggup hidup bersamanya. Ah. Modi tahu itu. Tapi kenapa ia telantarkan dirinya sendiri yang justru membuat Jeanne sedih?

Modi memang pendiam.

Apakah demikian hidup seorang seniman. Warna tentang keindahan, sentuhan surgawi, kontradiksi, dan ironi?




NB: Tapi aku melihat Modi sebagai orang yang tenang. Dengan segala yang ia miliki, sejarah, gaya hidup, dan harapan serta mimpinya, ia tetap tenang. Tak mencoba menaklukkan takdir atau menundukkan itu semua sesuai dengan mau dan hasratnya sendiri. Ia hanya menjalani kehidupannya itu saja. Ia merasa tak terlalu istimewam atau sangat inverior dengan itu semua. Ia biasa-biasa saja


29 Oktober 2009  │  Ayiko Musashi 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Text Widget

Text Widget